test

Pertemuan 10

Pengenalan dan Penanggulangan Spyware, Adware dan Spam

SPYWARE

Spyware merupakan suatu program yang tidak merusak data tapi berusaha untuk mengambil informasi tentang aktifitas user secara diam-diam.
Jadi intinya spyware mengambil data informasi mengenai segala kegiatan kita pada sebuah komputer. Misal informasi mengenai password (bank, account, dll). Contoh keylogger.

Ulasan diatas hanya sekilas, sebenarnya masih byk yang harus dijabarkan, tapi kalau dijabarkan bisa jadi 1 buku, jadi 1 buku jadi kum deh buat saya.

Sekarang saya akan mengulas mengenai cara penanganannya. Siapkan secangkir kopi panas dan sedikit cemilan serta cari posisi duduk yang nyaman, setelah itu tarik nafas panjang trus hembuskan lewat mulut. Wah kok jadi teknik hypnosis nih. Ntar aja saya mengulas masalah hypnosis, kan subjek utamanya mengenai virus, worm, and spyware.

Sekarang kita masuk pada intinya.
Apabila komputer anda menggunakan OS windows yang 32 bit dan belum terinstall AV dan sudah terinfeksi suatu virus (ntah virus dari antah berantah) maka anda harus bertindak sebagai seorang dokter cinta, eh bukan tapi dokter virus. Sebagai seorang dokter virus anda harus memahami apa yang diderita oleh pasien anda, dalam hal ini adalah komputer victim. Cari tau gejala yang ditimbulkan oleh si virus tersebut, menyerang apa saja, apa saja yang diubahnya, berapa besar kapasitas virusnya, namanya apa, variannya apa, jenisnya apa, dan menggunakan nama apa. Setelah anda mengetahui semuanya anda bisa membuat suatu program removal. Bingung membuat removal, weleh2.
Untuk membuat suatu removal anda harus minim menguasai bener masalah registry windows, perintah dasar DOS, dan salah satu bahasa pemrograman seperti VB, C, Delphi, Assembly lebih bagus lagi. Tetep gak bisa bikin, gampang yang penting anda bener2 memahami registry windows. Gak ngerti semuanya, gampang juga, anda cuman harus menginstall AV terbaru. Tapi ingat untuk install ada yg gak bisa di normal mode, jadi harus lewat safe mode. Jangan lupa AV nya harus rutin di update

Untuk penanganan tanpa anti virus anda bisa dengan cara manual yaitu pertama-tama anda harus masuk ke safe mode dulu (maksudnya ???) biar virus gak aktif saat loading windows. Setelah itu anda masuk ke registry windows anda (kalo gak bisa gunakan program registry editor). Delete manual virus yang bercokol disitu trus masuk ke windows explorer, masuk ke c:>windows>system32 hapus dll virus kalo ada. Masuk ke tiap2 direktor local disk, kalo ada nama virus tersebut del aja.
Setelah semua selesai dilakukan tinggal restart aja komputer dan masuk ke normal mode dan ilang deh tu virus (asal bener2 diapus semuanya).
Selain itu anda juga bisa menggunakan program hijack, saya sudah mencoba dengan program hijack untuk membersihkan virus kalong varian terbaru. Dengan hijack saya membersihkan dengan tuntas (kayak iklan sabun). Anda juga bisa menghapus file runtime Msvbvm60.dll yang terletak pada c:>widows>system32
Untuk pencegahan biar komputer kita tidak terkena virus selain anda menggunakan AV anda juga bisa menggunakan program Deepfreeze. Deepfreeze mengembalikan komputer anda ke kondisi awal pada saat restart. jadi meskipun pada saat anda maen internet anda terkena virus, anda cuman tinggal restart aja untuk menghapusnya. Gak mau install deepfreeze gampang, anda cuman cukup menggunakan fasilitas restore pada windows anda ke kondisi saat komputer anda tidak terkena virus.
Trus bagaimana dengan worm, bagaimana cara membersihkannya. Caranya sama dengan membersihkan virus
Bagaimana juga dengan spyware seperti keylogger. Sama juga tapi untuk keylogger anda harus mematikan sistem dari keylogger pada startup windows (Matikan lewat task manager /ctrl+del). Gunakan program untuk memperbaiki registry windows seperti system mechanic.
Anda juga bisa memasang program BlackIce untuk mencegahnya

Sebenarnya banyak sekali teknik-teknik untuk membersihkan virus, worm ataupun spyware, tapi sekali lagi saya bilang kalau tidak bisa saya jabarkan disini karena keterbatasan waktu dan tempat yang kurang pas.

Yang harus anda lakukan pada komputer anda (Preventive solution):
1. Menyeleksi program yang akan masuk ke dalam komputer. Misal flashdisk, cd, dll
2. Tidak mendownload program atau kontrol activex dari internet yang kurang diyakini keamanannya.
3. Mengawasi secara rutin program-program yang berjalan otomatis saat startup windows.
4. Membackup file msdos.sys
5. Memasang sistem operasi lain atau lebih baik menggunakan OS lain seperti Linux

Adware

Apa itu Adware? – Adware adalah iklan produk atau penawaran layanan yang merupakan bagian dari sebuah situs atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita surfing di suatu situs tertentu atau sedang menjalankan aplikasi. Biasanya adware sangat gampang untuk di nonaktifkan, tapi tidak dengan varian adware yang memiliki suatu teknik anti-removal dan ini biasanya sangat mengganggu.

Darimana Adware itu? – Sebagian Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur-fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug. Adware dan spyware dapat menempel pada komputer anda, terlebih lagi apabila anda melakukan browsing internet atau memiliki sistem operasi yang punya cukup banyak celah untuk dimasuki.

Apa efek Adware terhadap komputer? – Anda akan melihat jendela peringatan (pop-up windows) yang berisikan iklan-iklan pada saat anda membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada script-nya). Di kejadian lain, anda juga bisa terserang adware pada saat menjalankan aplikasi dari program-program yang terinstalasi di dalam komputer anda, misalkan anda sedang bekerja dengan program-program kantoran seperti office atau anda sedang menjalankan program game tertentu.

Bagaimana cara menanggulanginya? – Ada beberapa tips yang bisa anda aplikasikan kedalam sistem operasi komputer anda atau membiasakan diri ketika membuka halaman situs-situs tertentu, diantaranya sbb:

Jalankan program anti-spyware dan anti-adware yang terkini (updated).
Hidupkan opsi ‘immunization’ pada software anti-spyware dan anti-adware yang anda gunakan.
Pastikan browser yang sering anda gunakan, email client software, dan sistem operasi komputer anda terinstal dengan baik bersama auto-update.
Hidupkan opsi ‘Firewalls’ ketika melakukan browsing.
Gunakanlah plugin security options yang telah direkomendasikan oleh browser anda.

Spam

Apa itu Spam? – Spam adalah pesan-pesan yang terkirim kepada anda berisikan informasi-informasi yang sama sekali tidak berkaitan selama aktivitas berinternet. Dikenal juga dengan sebutan ‘junk-email’, yang mengiklankan produk atau layanan-layanan tertentu.

Darimana datangnya? – Oknum yang melakukan hal ini biasanya mengirimkan iklan-iklan mereka kepada anda, beberapa diantaranya bertujuan untuk menyebarluaskan virus, trojan, dan worms. Secara umum spam terkirim melalui email dan seiring dengan perkembangan internet sebagai media komunikasi dan sosialisasi, spam kini juga dapat ditemukan pada blogs, instant messaging (chat), situs-situs jaringan pertemanan dan sosialisasi (social networking sites), dan bahkan sudah menghinggapi telepon selular yang anda gunakan.

Efek kepada komputer? – Apabila spam tidak melibatkan virus atau malware didalamnya maka bisa dipastikan anda hanya menerima efek ‘iih.. ganggu banget neh’. Namun untuk organisasi atau badan/institusi yang menggunakan fasilitas email (web-mail based), spam bisa sangat merugikan karena banyaknya jumlah ‘junk-email’ mengakibatkan overloaded pada sistem email services content provider. Bila tidak segera diantisipasi maka akan berakibat fatal, sistem operasi IT anda akan crashed (system error atau system down). Pada kasus-kasus berat yang pernah ditemukan, oknum spam memasukkan perintah kedalam sistem operasi yang mengikutsertakan malware sehingga email server menduga bahwa alamat surat elektronik itu berasal dari mereka sendiri dan mengirimkannya kembali ke alamat email yang lain (forwarded).

Cara menanggulanginya adalah:
Ketika anda memilih sebuah account email di layanan umum (public service, seperti Yahoo! mail), gantilah account settingnya dari default ke pilihan anda sendiri (customize your email account), atau gunakan email service yang menyediakan layanan anti-spam terbaik.
Bacalah privacy policy situs yang anda kunjungi.
Jangan pernah mengklik email apalagi melakukan proses konfirmasi dari alamat yang belum anda kenal.
Buatlah alamat email lain (second email account) untuk aktivitas anda bersosialisasi, jangan gunakan alamat email yang utama.

 

posted by dHozOu on 00.21 under

0 komentar:

Posting Komentar

blog gw neh...

About Me

Foto Saya
dHozOu
Apa Adanya...
Lihat profil lengkapku

dHozOu

Link